Minggu, 28 Agustus 2011

17 Agustus 2011, Peringatan 2 Peristiwa Bersejarah ala SMAN Pintar Kuantan Singingi

Seluruh umat muslim meyakini tanggal 17 Ramadhan 1432 H adalah yang sangat istimewa, karena momentum diturunkan Al-Qur'an (nuzulul Qur'an), dan secara tidak disengaja bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 66, yaitu tanggal 17 Agustus 1945.

Artinya, bersamaan peringatan Hari Jadi Negara Indonesia dengan Peringatan turunnya Kitab Suci Al-Qur'an tahun ini tentu mengandung nilai tersendiri bagi bangsa dan keutuhan Negara, terlebih bagi umat muslim. Dapat diinterpretasikan, bahwa seluruh komponen umat muslim agar secepatnya kembali kepada petunjuk Al-Qur'an dalam hidup berbangsa dan bertanah air.

Peringatan Nuzulul Qur’an dan Hari Kemerdekaan tahun 2011 di SMAN Pintar Kuantan Singingi, Jum’at (19/8), berbeda dari biasanya, kalau pada tahun-tahun sebelumnya seluruh civitas hanya mengisi malam Nuzulul Qur’an ini dengan membaca Al-Qur’an dan Hari Kemerdekaan pun hanya diperingati dengan mengikuti upacara pada pagi harinya, namun peringatan kali ini tampak istimewa dan bermakna.

OSIS SMAN Pintar Kuantan Singingi T.A 2010/2011 mengadakan sebuah perlombaan yang disambut dengan antuasias yang tinggi dari seluruh civitas SMAN Pintar Kuantan Singingi. Perlombaan adalah perpaduan dari acara yang ingin diadakan OSIS untuk memperingati Hari Kemerdekaan dan Nuzulul Qur’an. Perlombaan ini berbentuk sebuah ujian untuk mengasah kemampuan seluruh siswa/i dengan cara menjawab pertanyaan mengenai Islam yang diajukan panitia, dengan kata lain perlombaan ini bisa disebut sebagai Cerdas Cermat Islami. SMAN Pintar terbentuk oleh 12 kecamatan yang ada di kabupaten Kuantan Singingi, oleh karena itu dalam hal ini peserta dibentuk dalam satu kelompok yang terdiri dari dua kecamatan.

Perlombaan yang dimotori oleh OSIS SMAN Pintar T.A 2010/2011 bidang Kerohanian Islam ini berjalan lancar. Sehingga menghasilkan pemenang, yakni :

Juara 1 : kec. Kuantan Mudik dan Inuman

Juara 2 : kec. Kuantan Hilir dan Gunung Toar

Juara 3 : kec. Kuantan Tengah dan Singingi Hilir

Selamat bagi para pemenang!

Semoga pemenang-pemenang ini bisa menjadi kader-kader Islami di masa depan, dan semoga perlombaan ini bisa bermanfaat bagi seluruh civitas SMAN Pintar Kuantan Singingi serta bersifat berkelanjutan.

Peringatan dua peristiwa penting bersejarah yang jatuh pada hari yang sama itu diharapkan mampu meningkatkan semangat keislaman sekaligus semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Amin...!

By: Yudha Syadeki ( Ketua OSIS Periode 2010-2011)


1 komentar:

Sonnya Suhardian mengatakan...

wah, kok yudha syadeki nih namanya??
yang ngepost kan saya....
(kurang ketuju nye ma,, wkwkwk hahahha)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More